Manfaat Pengembangan MPA di Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara

1. Usaha Budiu daya Teripang – Kasim djimu

Di desa wasumba kecamatan wabula kabupaten buton, tempat tinggal bagi kasim djimu sebagai pelaku usaha MPA yang usahanya itu adalah Budi daya teripang, dan pada saat program MPA mengucurkan dana bantuan untuk usaha MPA tersebut dia berkesempatan mendapatkan bantuan dana sebeesar  Rp.20.000.000, sedangkan usahanya itu masih bersifattradisional, dan  hambatan yang di hadapi adalah cara pengolahannya membutuhkan alat solusinya diusahakan lat nya ada dan penyediaan stoknya, dan  selama melakukan usaha MPA tersebut dia belum pernah mengikuti pelatihan, sedangkan  prose kegiatannya pun sangat sederhana  yaitu pengolahan teripang sekali dilakukan dalam setahun, dan  Jumlahnya 4000kg dalam  sebulan. Sedangkan kerjsama yang dilakukan antar sesame anggota sangat baik dan kerjasama pemasarannya dengan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya, sedangkan dalam pengusaan materi MPA dia cukup memahami. Sedangkan  manfaat  yang dirasakan bagi keluarga setalah usaha alternatif ini lancar adalah sangat membantu perekonomian keluarga, sedangkan  bagi lingkungan desa banyaknya  masyarakat yang termotivasi untuk ikut dalam budi daya ini, untuk usaha yg lebih besar, sedangkan dampak bagi masyarakat lain  masyarakat menanggapi miring tentang coremap II selama ini berangsur angsur menjadi positif.  Dia berkomentar dan mengatakan bahwa dia merasa berterima kasih dengan adanya program coremap II kab.buton yang telah banyak membantu perekonomian keluarga .




2. Usaha Petani agar agar - janudi

Nama pelaku usaha pencahariaan alternatif ini bernama janudi dan hamudin  yang  bertempat tinggal di desa kapontori kecamatan  tumada kabupaten buton , usaha yang mereka lakukan dalam  usaha laternatif ini adalah petani agar agar, budidaya rumput laut  mereka berdua mendapatkan dana bantuan dari pihak program  MPA untuk usaha laternatif tersebut sebesar  5.000.000, sedangkan pengalaman usaha MPA yang dilakukan adalah cukup memahami. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah cuaca ekstrim yang tidak menentu di desa kami sehingga petani agar agar mengalami hambatan, disamping itu juga ada zat kimia dari para pencari ikan di daerah lain sehingga mengakibatkan gagal  panen,, solusinya melakukan pengawasan dan pemantauan tentang pengerusakan biota laut dan terumbu karang.

 Dalam usaha tersebut mereka menghasilkan yaitu 2 bulan panen 30 kg, 3 bulan panen, 40 kg, 4 bulan 400 kg.  Sedangkan pemasarannya dilakukan ke masyarakat sekitar dan kerja sama anggota kelompok tergolong solid. Secara singkat mereka menjelaskan manfaat  yang di rasakan Cukup menyenangkan dan memuaskan, sedangkan manfaat bagi keluarga adalah meningkatkan hasil pendapatan , Pendapatan awal 400.000 setelah ada coremap II 1.000.000 atau 2.000.000 sedangkan  manfaat bagi lingkungan desa adalah desa kami terhindar dari pengerusakan terumbu karang  dan dapat meningkat kan pemeliharaan biota laut dan terumbu karang, kemudiaan bagi masyarakat lain adalah tidak melakukan lagi pengerusakan terumbu karang.  Dan mereka pun berkomentar  bahwa desa kami merasa terlindungi dengan adanya coremap dari pelaku pengerusakan biota laut dan terumbu karang  dapat meningkat kan hasil pendapatan .



3. Usaha Jual beli pakaian jadi – Langeda

Di desa gerak makmur  kecamatan sampolawa kabupaten buton ada seorang pelaku usaha mata pencahariaan alternatif yang yang namanya yaitu langeda yang berusia 53Tahun, usaha yang dilakukannya saat ini adalah jual bei pakaian jadi yang sebelumnya pekerjaan dia adalah bertani. Pada saat pihak program menadakan bantuan dana dia berkempatan mendapatkan bantuan dana sebesar 2.500.000, sedangkan pengalaman melakukan  kegiatan  MPA  yang dia lakukan adalah pekerjaan sehari hari  jual beli pakaian jadi, kemudian dia mengutarakan ada  hambatan yang di hadapi yaitu selalu kekurangan modal, karena anak anak sekolah dan kuliah, Dan masalah di coremap II kami juga meminjam tetapi  kurang memuaskan, karena keterbatasan  peminjam hanya sebanyak 2.500.000 saja maka dengan adanya instrument ini kami harapkan bantuannya yang lebih besar . sedangkan proses kegiatannya dalam jual beli pakaian jadi kegiatannya Tiap hari, ke pasar sampola , 3x seminggu, pasar pande  2x seminggu pasar lapandewa 2x seminggu, dan dia mempuyai 3 kios yang berada dipasar sampelawa, pasar lande , pasar kapundewa.

Sedangkan Manfaat  yang di rasakan  bagi keluarga dengan adanya penambahan untuk usaha modal kami dapat menambah usaha tersebut. sedangkan bagi lingkungan desa dengan adanya coremap  II kami yang pengusaha kecil mendapatkan fasilitas yang lumayan karena bisa meminjam kepada LKM dibandingkan dengan pinjaman yang lain.    Kemudian manfaat bagi masyarakat lain tidak ada ketergantungan karena pihak coremap sudah memberikan pemahan yang terbaik. Mereka berkomentar sejak awal kehidupan kami keluarga hanyalah berharap dipasar yaitu jual beli, hambatan yang selalu ada yaitu modal , akan tetapi dengan adanya bantuan dana bergulir dari LKM, insya allah ada peningkatan untukke depan.



4. Usaha Budi Daya Rumput Laut - Musman

Bertempat diKecamatan  Batauga kelurahan  majapahit kabupaten  Buton memiliki seorang  pelaku usaha mata pencahariaan alternatif yang  nmanya dalah musnan berusia 45 tahun,  Jenis usaha kegiatan yang dilakukannya saat ini adalah  Budi daya rumput laut, dan dia mendapatkan bantuan dana dari pihak program sebesar 75.000.000. Secara singkat pengalaman dalam melakukan usaha ini adalah cukup baik, dan pelatihan atau pendampingan usaha yang  didapat kan dari program Ada dari dinas kelautan atau pun dari LSM ataupun  mahasiswa kelautan. Sedangkan hambatan yang dihadapi adalah kalau budi daya ikan termasuk hama pertama solusinya pasangkan bubuk, sedangkan kerjasama dalam melakukan usaha ini dilakukan Sendiri sendiri atau juga perkelompok atau kesepakatan, sedangkan pemasarannya baik dilokasi maupun semua biaya transportasi ditanggung tengkulak itu sendiri tergantung kesepakatan . Penguasaan teknis  MPA Sering di kunjungi LSM maupu penjualan lainnya. Secara singkat dia menuturkan  yang di rasakan adalah kami sangat antusias dan berguna bagi kami tentang pengetahuan . sedangkan manfaat bagi lingkungan desa dulu di kel. Kami sebelum adanya coremap II sangat rawan sekalidengan adanya pembiusan ikan dan pembobaman, tapi dengan adanya budi daya sudah dijaga ketat oleh masyarakat karena pembiusab itu merusak bagi rumput laut ,maupun biota laut lainnya. Dan musman berkomentar  hikmahnya bagi masyarakat baik, karena dengan adanya coremap masyarakat sadr akan kelestarian terumbu  karang.



5. Usaha Bertani Bawang  - Saeni

Berada didesa Gerak makmur Kecamatan sampolawa Kabupaten Buton ada seorang pelaku usaha mata pencahariaan alternatif yang bernama saeni yang berusia 35 tahun. Dalam usahanya tersebut ini dia menjalankan usaha bertani bawang, dan pada  saat pihak program mengucurkan dana bantuan untuk usaha tersebut dia berkesempatan mendapatkan bantuan sebesar  2.500.000. secara singkat pengalaman  melakukan  kegiatan MPA setiap tahun selalu menanam bawang.
Dan hambatan yang dihadapi adalah cara pembatasan hama yg kurang memuaskan, tapi kalau hama bisa diatasi hasilnya memuaskan , sedangkan Jumlah yang dihasilkan dalam usaha bertani bawang itu Tergantung dari besarnya modal dan luas tanahnya.
Sedangkan pemasaran bawangnya dilakukan adalah dari desa dijual ke kota supaya dapat untung yang lebih besar.  Dan secara umum dia ber komentar tentang Manfaat yang di rasakan bagi keluarga cukup baik krena dapat meningkatkan pendapatan keluarga, sedangkan bagi lingkungan desa yaitu  Mengurangi aktifitasnya  untuk mencari ikan pada saat air laut turun, dan bagi masyarakat lain Tidak merasa tergantung karena sudah diberikan pemahaman.
 Komentar yang dia kemukakan bahwa usaha MPA itu Sangat baik dan memuaskan .

6. Usaha Petani rumput laut – Lapua

LAPUA yang bertempat tinggal di desa Wasampela  Kecamatan  Wabula  Kabupaten Buton adalah seorang pelaku usaha mata pencahariaan alternatif, kegiatan usaha yang dilakukanya sekarang adalah sebagai Petani rumput laut, dan dia mendapatkan dana pinjaman dari pihak program sebeesar 50.000.000, sedangkan secara singkat dalam melakukan usaha alternatif tersebut dia mendapatkan  Pelatihan  atau pendampingan  yang didapatkan dari program Coremap II, serta  Pengalaman melakukan  kegiatan MPA masih kurang. Secara singkat dia menjelaskan  hambatan yang di hadapi  adalah Kurangnya sarana dan prasarana transportasi yang di miliki oleh masyarakat sehingga masyarakat kurang berpenghasilan sehingga kami masyrakat memohon untuk mendapatka bantuan  perkelompok atau perorangan .

Sedangkan hasil yang didapatkan dari usaha bertani rumput laut itu adalah  Bertingkat atau bervariasi tiap tiap ¾ bulan dengan penghasilan 500kg, 1 ton perorang, sedangkan Kerjasama anggota kelompok yang dilakukan usaha mpa tersebut Baik, dan  Kerjasama pemasaran  Belum memadai , masih perlu pemahaman. Sedsangkan Manfaat  yang dirasakan setelah melakukan usaha malternatif tersebut Amat baik ,  sedangkan manfaat bagi Bagi keluarga adalah Keluarga kami sangat sejahtera peningkatan  pendapatan  600.000 perbulan, dan setelah ada MPA menjadi 780.000, dan manfaat bagi lingkungan desa yaitu dampak yang dirasakan oleh lingkungan desa antara lain karena kurangya transportasi utamanya motor laut., sedangkan bagi masyarakat lain  adalah dengan pembudidayaan rumput lautmasyarakat lain menjadi tergantung laut sudah di penuhi  tali  sehingga meraka terganggu lintasannya.



7. Usaha Budi daya rumput laut – Lakata

Lakata  berusia 39 tahun merupakan salah satu pelaku nusaha mata pencahariaan alternatif yang tinggal diDesa Lakorua   Kecamatan Mawasangka  Kabupaten Buton, sedangkan usahanya yang dia tekuni sekrang adalag sebagai  Petani rumput laut, dalam melakukan usaha alternatif itu dia mendapatkan bantuan dana dari pihak program sebesar 10.000.000,  secar singkat dia mengatakan
Pelatihan  atau pendampingan  yg  didapat kan dari program  diterapkan kepada kami tetapi cara itu  melakukan usaha tersebut tidak kami kembangkan karena factor ombak yang tidak mendukung, sedangkan pengalaman  melakukan  kegiatan MPA  adalah Kami lakukan masih sederhana. Sedangkan secara singkat hambatan yang di hadapi : Bagi kami nelayan agar agar, hambatanya  belum bisa kami prediksi  keputihan , agar agar ataupun kadar garam air laut , harapan kami agar pelaku coremap di tingkat kabupaten , khususnya di tingkat pusat, dan solusinya,  harus dilakukan untuk mengatasi keputusan., sedangkan Proses kegiatan yang dilakukan dalam melakukan usaha alternbatif tersebut diawali  dengan Persiapan  jengkar, tali, bamboo, kemudian pembibitan , 20 hari kemudian kita akan kembangkan lagi  dari 1 rakit menjadi 2 atau3 rakit . setelah itu mendekati musim akhir  , masa subur ,  kita akan keringkan yaitu dengan para para baru kita jemur, dan hasilnya Tergantung dari masa suburnya  kalau subur 1 ton, tetapi kalau tidak subur  100-700/800 kg dan pada  masa subur diatas 1 ton, / 3 bulan ,  masa kritis dibawa 1 ton/3 bulan. Dan usaha alternatif ini dilakukan secara perorangan , sedangkan manfaat yang dia rasakan  setelah melakukan usaha alternatif tersebut bagi keluarga  Sebelu adacoremap 3.000.000/3 bulan dan setelah ada coremap 7.200.000 /bulan. dan kebuhan hidup keluarga terpenuhi tetapi terkadang juga  meragukan agar memenuhi target.  Bagi lingkungan desayaitu  dengan budi daya ini dapat mengurangi  pengaguran,  dan menstabilkan biota laut .  
Dan dia berkomentar  Mohon kepada pelaku coremap di tingkat kabupaten atau pusat dapat memperjuangkan coremap sehingga dapat berlanjut, bila kami di tingkat desa dimana pembukuannya belum memenuhi standar kiranya di beri bimbingan agar kami bisa bekerja sesaui dengan apa yang diharapakan.

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut